Tahun ajaran baru di masa pandemi

    Assalammualaikum wr wb. nama saya Evan Yudho Bramastyo biasa dipanggil Evan, Saya akan menceritakan kesan saya sekolah di masa pandemi covid ini.

    Di hari pertama tahun ajaran baru, Saya bangun lebih pagi dari biasanya karena ada jadwal zoom di jam 7.00. Di jam pertama kami berkenalan dengan walas saya yaitu om Jay dan bu Nisa. Hari pertama sekolah menurut saya cukup menyenangkan karena setelah berlibur lama akhirnya bisa bertemu teman lagi.

    Namun akhir-akhir ini saya merasa belajar secara virtual membuat kita cepat bosan, karena hanya bisa bertemu lewat layar tidak dapat secara langsung. Belajar secara virtual ini menurut saya juga melelahkan karena siswa harus menatap layar selama berjam-jam.

    Menurut saya apabila pembelajaran jarak jauh tidak ditemukan cara yang lebih efisien dan menyenangkan, maka pembelajaran jarak jauh menjadi tidak efektif karena siswa lelah sehingga menjadi tidak fokus saat belajar.

    Namun saya dapat mewajarkannya karena mungkin cara yang paling benar adalah lewat zoom karena dapat bertemu satu sama lain secara virtual.

    Mungkin saya ada saran untuk cara lain yaitu menggunakan game seperti minecraft, karena salah satu institut di indonesia yaitu ITS menggunakan minecraft sebagai tempat berwisuda sehingga seakan-akan kita berkumpul bersama di situ, menurut saya pun mirip seperti sekolah offline karena siswa dapat bermain bersama saat istirahat.

    Untuk cara seperti itu bisa dikombinasikan dengan zoom sehingga saat pembagian materi siswa menggunakan zoom, apabila materi siswa membaca siswa dapat kembali ke minecraft untuk membaca buku yang di minecraft karena buku di minecraft seperti buku di dunia asli dapat diketik/diisi materi untuk dibagikan ke siswa.

    Oh ya satu lagi!, agar terlihat lebih realistis di minecraft siswa dapat dibuatkan rumah masing-masing atau buat sendiri, kalau masing-masing siswa sudah memiliki rumah disaat pertama start game siswa dispawn/di set di rumah masing-masing sehingga masing-masing siswa berangkat ke sekolah sendiri, saat siswa telah sampai di kelas guru dapat mengabsen siswa atau absen seperti biasa di elabscloud.

    Sekian dari saya wassalammualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan Populer